KUALITAS ARANG KAYU

briket-arang-kayu

Pengetahuan akan ciri-ciri arang yang berkualitas dapat dijadikan sebagai patokan perbandingan oleh para produsen arang. Mereka akan membandingkan hasil arang mereka yang disesuaikan dengan standar cirri-ciri arang berkualitas. Apakah arang yang dihasilkan telah cukup berkualitas ataukah masih kurang. Hal tersebut akan terus memacu sang produsen untuk terus berproduksi dan meningkatkan kualitas arang yang dihasilkan.

Berikut ini akan dijabarkan mengenai ciri-ciri arang berkualitas susuai dengan standar produksi arang.

• Warna hitam dan kalau dinyalakan api berwarna kebiru-biruan,
Arang yang memiliki kualitas yang baik, jika dibakar akan menghasilkan nyala api yang kebiruan. Hal ini menandakan bahwa panas yang dihasilkan sangat tinggi dan baik digunakan untuk memasak. Hasil masakannya pun akan cepat matang.

• Mengkilat pada bagian yg pecah,
terlihat pada gambar bahwa bila arang dipecah atau dibelah, bagian yang terbelah tersebut akan berwarna hitam mengkilat. Hal ini terjadi karena adanya unsur karbon yang tersisa setelah melalui proses pengarangan.

• Tidak mengotori tangan,
Tidak mengotori tangan maksudnya bahwa arang tidak memiliki zat beracun yang dapat menyebabkan penyakit. setelah memegang arang, tangan hanya terkotori oleh serpihan- serpihan arang yang sengat halus.

• Tidak berasap, ber bau dan tidak memercik,
Peryantaan bahwa arang berkualitas adalah arang yang tidak berasap, tidak berbau, dan tidak memercik. Maksudnya adalah pada saat digunakan untuk membakar, arang tersebut tidak mengeluarkan asap tidak seperti saat membakar kayu bakar. Tidak mengeluarkan bau yang tajam karena unsur yang tersisa didalam arang hanya tinggal unsur karbon yang tidak berbau. Arang yang berkualitas jika dibakar, tidak pecah dan tidak memercik

• Tidak cepat habis apabila dibakar,
Arang yang baik memiliki kemampuan untuk tahan lama selama digunakan atau dibakar. Oleh karena itu penggunaan arang dapat lebih menghemat pengeluaran.

• Berdenting seperti logam apabila dipukul.
Hal yang menyebabkan arang berdenting seperti logam jika dipukul adalah berat arang yang sangat ringan ditambah dengan struktur arang yang padat. Sehingga akan menghasilkan bunyi yang nyaring jika dipukulkan.

Dengan memahami kriteria dan ciri-ciri arang berkualitas, diharapkan dapat dijadikan sebagai patokan oleh produsen dalam memproduksi arang dan meningkatkan kualitasnya. Dan juga dapat digunakan oleh masyarakat selaku konsumen arang dalam menilai dan memilih antara arang yang jelek dengan arang berkualitas tinggi sebelum menggunakannya.

One Response to KUALITAS ARANG KAYU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>